Saturday, 21 February 2009

Srikaya Pandan

Srikaya pandan ini salah satu dessert tradisional Indonesia. Kadang juga disajikan bersama nasi ketan. Tapi kalo di keluarga saya, seringnya tanpa ketan.

Srikaya yang di atas hasilnya kurang memuaskan. Kayaknya saat mengocok telur terlalu bersemangat jadi agak memble tuh permukaannya. Seingat saya kalau bunda yang bikin permukaannya rata dan halus deh... :)

Untuk bahan-bahannya menggunakan takaran volume karena menurut bunda saya itu adalah takaran yang pas dibanding takaran dalam gram. Bisa saja ditakar dengan gelas atau kobokan. Tapi untuk memudahkan pekerjaan, gunakanlah gelas ukur yang ada skala volume-nya. Jangan bingung ya membaca resep di bawah ini... :D

Bahan :
5 butir telur
Gula pasir sebanyak takaran telur
Santan kental sebanyak takaran telur (saya campur santan dan susu cair dengan perbangingan 50:50)
1 sdt garam
1 sdt pandan pasta
2 sdm tepung maizena, dilarutkan dengan sedikit air

Cara membuat :
1. Pecahkan telur satu persatu dan tempatkan dalam gelas ukur, perhatikan volumenya lalu pindahkan ke wadah yang lebih besar supaya bisa dicampur dengan bahan lainnya.
2. Ukur volume gula pasir sebanyak volume telur lalu campur dengan telur di wadah yang lebih besar.
3. Kocok telur, gula dan garam dengan whisker sampai gula larut saja, ga perlu sampai mengembang.
4. Tambahkan campuran santan dan susu (yang telah diukur volumenya sebanyak volume telur) sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
5. Masukkan larutan maizena dan pandan pasta. Aduk rata. Lalu adonan disaring supaya busanya hilang.
6. Siapkan loyang lalu tuang adonan sampai 3/4 tinggi loyang. Kukus dengan api sedang selama 15 menit kalo menggunakan loyang/cup kecil. Kalo loyangnya besar dikukus lebih lama.
7. Sajikan srikaya pandan dalam keadaan dingin.
Post a Comment