Thursday, 11 September 2008

Pastel

Kue pastel ini saya buat untuk dibawa ke acara buka bersama week end kemarin. Selama ini tradisi (orang Indonesia) di Tsukuba memang selalu mengadakan buka bersama di akhir pekan selama Ramadhan. Buat yang 'single fighter' (dulu ada yang ngomong terus terang lho...), biasanya acara ini sekalian ajang perbaikan gizi. Kalo buat saya (yang bukan single lagi), kesempatan buat icip-icip masakan hasil olahan tangan lain. Soalnya kadang-kadang jenuh juga sama olahan tangan sendiri.

Foto di atas, karena motret-nya buru-buru asal motret aja, liat tuh keliatan agak gelap kan?! Atau karena efek dari wadahnya yang gelap jadi fotonya juga ikutan gelap?! Tapi tetap dipajang daripada ga ada menu baru di dapur ini :D

Isinya saya pake soun, telur rebus dan sayuran. Sebenarnya bisa aja sih isinya divariasikan, sesuai selera aja deh.

Bahan kulit :
250 gr terigu
1 butir kuning telur
30 gr margarin/butter, dicairkan
75 ml air es
1 sdt garam
Minyak goreng secukupnya

Bahan isi :
50 gr soun
4 butir telur rebus, diiris-iris
1 buah wortel, iris dadu
1 bungkus buncis dipotong dadu/kacang polong
Daun bawang/seledri secukupnya, diirs
3 siung bawang putih, dihaluskan
merica, gula dan garam sesukupnya

Cara membuat :
1. Isi : tumis bawang putih dan merica sampai wangi, masukkan sayuran dan soun. Aduk-aduk hingga rata dan sayuran menjadi empuk. Tambahkan gula dan garam. Angkat, sisihkan.
2. Kulit : campur terigu, kuning telur dan garam. Uleni sambil ditambahi air sedikit demi sedikit. Selingi dengan menambahkan margarin cair. Uleni terus sampai kalis.
3. Ambil sekepal adonan kulit, tipiskan dengan rolling pin lalu buat bulatan kurleb diameter 10 cm. Bulatan bisa dibuat pake kobokan/mangkuk kecil.
4. Beri 1 sdm isi di tengah bulatan kulit, rapatkan kedua sisinya sambil dicubit-cubit atau tekan pake garpu. Lakukan terus hingga adonan habis.
5. Panaskan minyak, goreng pastel sampai kuning kecoklatan.
Post a Comment