Thursday 23 October 2014

Steak Crispy ala WS


Pertama kali nyobain steak crispy di Waroeng Steak & Shake (WS) jalan Kaliurang Km 5,5 Jogja, langsung jatuh hati dengan kelezatannya. Apalagi waktu itu masih kuliah, harganya terjangkau untuk kantong mahasiswa. Berlanjut sampai pindah ke Cibinong, saya sering mengajak suami untuk menikmati steak crispy di WS cabang Bogor hingga akhirnya dia pun jadi ketagihan. Setiap ada keperluan atau acara di sekitar Bogor, kami usahakan untuk mampir. Soal harga, sekarang pun masih terbilang terjangkau dibandingkan makanan lain. Coba saja bandingkan dengan harga pizza atap merah, pasti banyak yang setuju kalo menu di WS murah meriah. Setuju kan???!

Sekarang kami sedang berada di Daejeon. Karena sering ngomongin steak WS, saya browsing resepnya dan berlabuh di dapur Diahdidi. Makasih buat resepnya yaa... :)

Berikut ini resep hasil modifikasi versi dapur mungil. Porsinya sedikit, buat 2 porsi saja. Silahkan buat yang ingin mencoba.

Bahan :
100 gr daging has dalam, iris tipis melebar, cuci bersih.
2 sdm saus tiram
1/2 sdt merica bubuk
1 butir telur, dikocok lepas
4 sdm munjung terigu
1 sdm maizena
1/2 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt merica bubuk
Minyak untuk menggoreng

Bahan saus :
1 buah tomat ukuran sedang, rebus hingga kulit lepas, buang bijinya lalu dicacah halus atau diblender
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
4 sdm saus tiram
2 sdt gula
1 sdt merica bubuk
garam secukupnya
200 ml air
2 sdm margarin, untuk menumis

Sayuran Pelengkap (secukupnya):
Wortel iris korek, direbus
Buncis potong 5 cm, direbus (saya ganti brokoli)
Kentang belah empat, digoreng

Cara membuat :
1. Aduk irisan daging dengan saus tiram dan merica bubuk hingga rata. Diamkan sekurangnya 30 menit di dalam kulkas, agar bumbu meresap.
2. Siapkan tepung pelapis. Campur terigu, maizena, merica dan kaldu bubuk sampai rata.
3. Ampir seiiris daging, lapisi dengan tepung, celupkan ke dalam kocokan telur, lalu lapis kembali dengan tepung sambil dicubit-cubit. Jadi urutannya tepung - telur - tepung. Lakukan sampai semua irisan daging habis. (saya bikin 4 irisan saja).
4. Goreng dalam minyak panas sampai kuning keemasan.
5. Saus : panaskan margarin, tumis bawang dan merica sampai wangi, lalu masukkan cacahan tomat , air, saus tiram, gula dan garam. Masak hingga mengental. Angkat.

Penyajian :
Siapkan wadah steak atau piring saji. Letakkan 1 atau 2 potong steak crispy. Atur sayuran pelengkap di pinggirnya. Siran dengan saus secukupnya. Bila suka lebih pedas, beri saus sambal botolan. Nikmati selagi panas. Hmmm.... maknyusss!


Untuk 2- 3 porsi

5 comments:

annisa said...

hai mbak Shinta.. sekarang di Korea ya? senengnya... saya pernah komen dulu pas saya di kumamoto,sekarang saya di sapporo. Saya wong Jogja asli mbak,,lihat steak WS ini bikin kepingin..
mbak, tepungnya campur maizena ya? bukan katakuriko? WS kok bisa crispy bgt ya trus saosnya khas brown sauce

Shinta Octaviani said...

Iya Annisa, skrg sedang di Korea. Makasih ya suka mampir ke dapur ini.
Untuk campuran tepung bisa kok pake katakuriko dengan takaran yang sama. Betul, pake brown saus. Saya, ngikutin resep asalnya dan dimodifikasi sedikit.
Selamat mencoba ya...

Dewi Sulistiana said...

jangan lupa mampir ya mbak di blog aku juga Resep makanan bayi

Monica Rampo said...

Hai mba Shinta,
mba...aku komen di sini aja ya, soalnya kalau komen di widaran keju ntar ga kebaca...he he he..
mba..aku sudah coba resep widaran keju mba Shinta..makasih ya resepnya..anakku suka banget, oh iya aku sudah posting di blogku dan link back ke Shinta Little Kitchen..sekali lagi makasih ya..

Shinta Octaviani said...

@ Aulia Resti, siip...makasih dah mampir ya :)

@ Monica Rampo, ikut senang resep widaran keju dapur mungil cocok dengan selera anaknya. Makasih ya sudah link back ke dapur ini :)