Friday, 18 May 2012

Brownies Kukus


Punya resep brownies kukus ini sejak jaman di Tsukuba dulu, sampe lupa sumbernya dari mana. Kalo ga salah, judulnya brownies kukus ala Amanda. Itu lho... brownies kukus yang asalnya dari Bandung. Berhubung resepnya udah dimodifikasi, jadi ini brownies kukus ala Shinta :D

Coba deh perhatikan foto-foto di atas, kelihatan ada bolong-bolong ya?! Hehehe... Itu karena setelah adonan dituang ke dalam loyang, langsung dikukus. Setelah browniesnya matang, dipotong-potong baru kelihatan kalo banyak bolong (rongga udara). Trus saya baca lagi cara pembuatannya, baru 'ngeh' kalo ini seperti membuat sponge cake. Seharusnya setelah dituang ke dalam loyang, dibanting-banting sedikit supaya rongga udaranya pecah (proses 'banting' ini yang ga ada di resep aslinya).

Soal rasa, mirip sama brownies kukus Bandung itu tapi kurang moist. Jadi saya basahi dengan simpel syrup yang ga terlalu manis. Soalnya brownies udah manis, kalo syrupnya manis juga, ntar blenger deh. Lagipula saya lebih suka kalo dominan rasa coklat dengan manis yang penasaran.

Bahan :
6 butir telur
225 gr gula kastor (saya 200 gr aja)
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam halus
125 gr terigu
50 gr coklat bubuk
75 ml salad oil
100 gr Dark cooking chocolate /DCC
75 ml susu kental manis/SKM (saya pake 50 ml)

Simpel syrup : 3 sdm gula/madu dilarutkan dengan 100 ml air panas, ditambah 1 sdm air lemon biar wangi.

Cara membuat :
1. Siapkanloyang, beri alas kertas roti dan panaskan kukusan, alasi tutupnya dengan serbet.
2. Lelehkan DCC dan salad oil dengan cara ditim. sisihkan.
3. Ayak terigu dan coklat bubuk , sisihkan.
4. Kocok telur dan gula sampai mengembang lalu matikan mixer.
5. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan spatula.
6. Ambil kurleb 5 sdm adonan, campurkan dengan coklat dan salad oil. Aduk rata lalu masukkan lagi ke dalam adonan terigu. Aduk dengan spatula hingga benar-benar rata dan pastikan tidak ada adoan coklat yang mengendap di dasar wadah.
7. Bagi adonan menjadi 3 bagian yaitu A, B dan C.
8. Adonan B dicampur dengan SKM, aduk rata.
9. Tuang adonan A ke dalam loyang, kukus selama 10 menit dengan api besar. Lalu tuang lagi adonan B, kukus 10 menit. Terakhir baru tuang adonan C, dan dikukus selama 20 menit.
10. Dinginkan brownies lalu keluarkan dari loyangnya. Siram dengan simpel syrup sambil diratakan. Biarkan selama beberapa saat, baru dipotong-potong.
Post a Comment