Wednesday, 9 May 2012

Asam Padeh Tempe


Masakan ini memang tidak sepopuler rendang, walaupun sama-sama berasal dari tanah Minang. Perbedaannya dengan masakan Padang lainnya adalah tidak menggunakan santan. Jarang-jarang kan masakan Padang tanpa santan?! Tapi tetap memakai banyak cabe merah. Untuk mengimbangi rasa pedas, diperbanyak asamnya. Kalo saya, ditambah gula sedikit karena udah kebiasaan masak pake gula. Aslinya, masakan ini ga pake gula ya.

Biasanya yang dimasak dengan bumbu asam padeh ini, ikan laut (seperti tongkol) dan tetelan/daging bergajih. Tapi ada yang bilang pake tempe juga enak, makanya saya coba pake tempe. Ternyata emang sedap, apalagi dinikmati bersama nasi hangat, hmm.... nikmat sampe keringatan :D

Bahan :
1 papan tempe, potong 5x5 cm atau sesuai selera
6 buah tahu goreng (optional)
700 ml air
1 tangkai daun ruku-ruku/kemangi
1 lembar daun kunyit
1 biji asam kandis / 2 sdm air asam
Gula dan garam secukupnya

Bumbu halus :
6-8 butir cabe merah (kalo suka pedas, boleh ditambah)
3 siung bawang merah

Cara membuat :
1. Campur bumbu halus dengan air. Masak sampai mendidih.
2. Masukkan potongan tempe dan tahu. Masukkan pula daun-daun serta asam.
3. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap, lalu angkat.
Post a Comment