Wednesday, 25 November 2009

MFM2 November 2009 - Shiratama Zenzai

Sekarang Dapur Mungil dah berani buka cabang lho.... Silahkan berkunjung ke sana. Kalo kelihatan agak-agak garing, mohon dimaafkan ya... Soalnya belum sempat nge-dandani cabang baru itu :)

Shiratama zenzai, mungkin nama ini agak jarang terdengar. Memang makanan ini tidak sepopuler sushi, sashimi, teriyaki ataupun makanan Jepang lainnya tapi saya yakin rasa shiratama zenzai bisa diterima oleh lidah orang Indonesia. Biasa disajikan sebagai dessert dalam kondisi dingin ataupun hangat di segala musim. Tinggal disesuaikan aja, kalo pas musim dingin disajikan hangat kalo musim panas ya sebaliknya.

Soal rasa, mirip seperti bubur kacang merah (dalam bahasa Jepang : zenzai) tapi ditambah mochi balls (shiratama). Mungkin kalo di Indonesia hampir seperti bubur candil. Jaman sekarang penyajian shiratama zenzai sudah banyak divariasikan. Misalnya dengan menambahkan topping es krim, atau whipped cream dengan tambahan buah potong. Buat entry ini saya sajikan yang klasik aja ya... :D

Yuuk ah, silahkan dicicip. Yummy lho....

Bahan shiratama :
100 gr mochi kona (tepung ketan)
80 ml air hangat

Cara membuat :
Campur tepung dan air, aduk rata. Bentuk bulat pipih kurleb diameter 2 cm. Rebus di dalam air mendidih hingga terapung, angkat dan rendam di dalam air dingin selama 5-10 menit lalu tiriskan. lakukan hingga semua adonan habis.

Bahan Zenzai :
200 gr azuki (kacang merah), dicuci bersih
130 gr gula pasir
1/2 sdt garam
600 ml air (takaran ini pake panci presto, kalo masak biasa silahkan disesuaikan airnya ya..)

Cara membuat :
-Masak kacang merah dan air dengan panci presto selama 5 menit dengan api besar, setelah itu lanjutkan dengan api sedang selama 3 menit. Tambahkan gula dan garam, masaka lagi dengan api sedang selama 3 menit. Matang dan empuk deeh...
-Kalo cara biasa, rebus kacang merah dengan air banyak hingga empuk seperti merebus kacang hijau. Trus tambahkan gula dan garam, tambahkan air hangat bila perlu.

Untuk : 8 porsi
Post a Comment