Wednesday, 18 November 2009

Choux Pastry / Kue Sus

Secara tidak langsung ternyata Dapur Mungil punya pelanggan baru :D Hehehe... Bikin kue sus ini karena memang udah lama ga baking dan juga special buat Akhdan kun, yang pernah saya janjiin kue ini.

Bahan :
200 ml air
125 gr margarin
1 sdm gula pasir
150 gr terigu
4 butir telur

Filling :
500 ml susu cair
100 gr gula pasir
30 gr tepung maizena
4 kuning telur, dikocok lepas
2 sdm margarin
1 sdt vanila

Cara membuat :
1. Panaskan air, margarin dan gula pasir sampai semua margarin cair dengan api sedang.
2. Kecilkan api, masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat dengan sendok kayu sampai kalis/tidak lengket. Angkat lalu biarkan dingin.
3. Setelah dingin, masukkan kuning telur satu persatu. Kocok dengan speed rendah hingga tercampur rata.
4. Panaskan oven pada suhu 190 C selama 15-20 menit. Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti atau olesi dengan margarin. Semprotkan adonan ke loyang. Bisa pakai spuit bintang atau bentuk bulat dengan bantuan 2 sendok makan.
5. Panggang pada suhu 180 C selama 40-45 menit, hingga warnanya jadi kuning keemasan dan busa-busanya hilang. Angkat, biarkan dingin di atas rak kawat. Kalo busanya masih ada, trus langsung diangkat bakalan kempes.
6. Buat filling seperti membuat vla pada mini fruits pie.
Penyelesaian : Gunting sedikit pinggiran kulit sus, isikan vla secukupnya. Atau bisa juga pakai spuit khusus untuk filling sus.

Recipe source : Fatmah Bahalwan (NCC).
Post a Comment