Monday 17 August 2009

Mini Fruits Pie

Minggu kemarin ada pengajian, sempat bingung mau nyumbang snack apa akhirnya bikin mini fruits pie. Kebetulan punya kiwi yang hampir kematangan di kulkas. Bikin malam-malam, start jam 9-an beresnya jam 11-an.

Ngolesin loyang pie mini pake margarin satu-persatu, memipihkan adonan kulit sampai tipis trus dibentuk bulat lalu ditempel pada loyang. Setelah matang diisi lagi dengan vla dan diberi topping buah. Kelihatannya proses itu lama karena bikinnya satu-satu. Belum lagi ngantri memanggangnya karena oven yang saya punya kecil dan cuma 1 rak. Walaupun nunggu lama tapi kok enjoy dan senang ya?! Itu semua karena passion.

Bahan kulit :
250 gr terigu all purpose
125 margarin
1/2 sdt garam
5 sdm air es

Bahan vla :
250 ml susu cair
50 gr gula pasir
2 kuning telur, kocok lepas
15 gr maizena
1/2 sdt vanila
1 sdm margarin

Topping : aneka buah, sesuai selera.
Glaze : 1 sdm agar-agar bening, 100 ml air, 1 sdm gula. Semua dicampur lalu dididihkan. (Saya ga pake karena lagi ga punya agar bening).

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kulit, aduk rata dengan pastry knife, food processor atau 2 garpu besar. Setelah itu dibungkus dengan plastik, diamkan di kulkas selama kurleb 15 menit. Saat mengaduk, usahakan meminimalkan kontak tangan langsung dengan adonan kulit karena akan membuat kulit pie jadi keras dan tidak renyah. Kalo ngaduknya pake home bakery, cuma 15 menit lho... jadi bisa nyambi ngerjain yang lain :)
2. Sementara itu buat vla. Aduk rata maizena dengan sedikit susu, masukkan kocokan kuning telur lalu sisihkan. Panaskan sisa susu bersama gula, garam dan vanila sampai sedikit mendidih sambil diaduk-aduk supaya tidak pecah. Masukkan campuran maizena, aduk terus sampai meletup-letup lalu angkat. Masukkan margarin, aduk sebentar lalu dinginkan.
3. Siapkan loyang pie mini, olesi margarin tipis-tipis.
4. Pipihkan adonan kulit dengan rolling pin, bentuk bulat sesuai ukuran loyang. Letakkan kulit pada loyang sambil sedikit ditekan. Tusuk dasarnya dengan garpu.
5. Panggang pada suhu 170 derajat C selama 10-15 menit. Setelah matang, lepaskan dari loyang biarkan sebentar lalu olesi dengan margarin atau coklat putih yang sudah dilelehkan. Supaya tidak lembek saat diisi vla.
6. Isikan 1-2 sdm vla ke kulit, beri topping buah lalu siram dengan glaze agar.
Untuk 24 potong.

Recipe source : Fatmah B (NCC).

2 comments:

phonevaganza said...

aduh enak bgt de..

Shinta Octaviani said...

Silahkan dicomot, pie-nya seger lho.. :)