Thursday, 6 November 2008

Homemade : Mie Telor


Penasaran pengen nyoba bikin mie telor sendiri, lagi pula sudah punya mesin pasta jadi apalagi yang ditunggu ;) Karena masih coba-coba, jadi bikin dalam porsi kecil dulu. Biar kalo ga berhasil, ga rugi bahan-bahannya. Resepnya saya pake resep NCC, tapi ditambah margarin sedikit biar lebih yummy. Yang tertera di bawah ini, resep dengan takaran versi saya.

Bahan :

200 gr terigu protein tinggi
2 butir telur (M size)
1 sdm margarin
Air untuk merebus secukupnya

Cara membuat :

Campur terigu dan telur, aduk rata. Lalu masukkan margarin, uleni sampai kalis dan elastis. Siapkan mesin pasta, ambil sekepal adonan lalu tipiskan (saya pake yang no.4). Lalu potong dengan pemotong mie yang berukuran 2 atau 3 mm. Lakukan hingga adonan habis. Supaya tidak lengket, taburi sedikit terigu. Kalau belum mau digunakan, masukkan mie ke dalam wadah tertutup rapat simpan di lemari pendingin. Bila mau langsung digunakan, didihkan air dalam panci, rebus mie sampai terapung lalu angkat dan tiriskan. Beri sedikit minyak goreng sambil diaduk-aduk. Mie telor siap digunakan.

Tips :

Kalau sewaktu ditipiskan adonan menjadi robek, tambahkan sedikit terigu (1 sdm) uleni lagi hingga kalis. Sebaliknya bila adonan masih kaku, beri sedikit air lalu diuleni kembali.

Post a Comment