Thursday, 19 April 2007

Lemon Muffin


Sebenarnya ini edisi repost karena sebelumnya sudah ada di sini. Ga papalah di-share lagi di dapur mungil ini daripada kosong:D Rasa syrup lemon trus ditambah lagi ada irisan lemon, bikin rasa muffin ini asem-asem segeerr.....=P~


Bahan A : 100 gr butter, 100 gr gula pasir, 2 butir telor, 200 gr tepung terigu, 10 gr baking powder, 100 cc susu cair.
Bahan B (lemon syrup) : 1 buah jeruk lemon, 100 gr gula pasir, 200 cc air.

Cara membuatnya :
1. Buat lemon syrup, jeruk diiris tipis kurang lebih 3 mm, campurkan dengan air dan gula. Lalu panaskan sampai volume air menjadi setengahnya (100 cc), ambil airnya dan sisihkan. Irisan lemon jangan dibuang, dipakai untuk hiasan permukaan muffin.
2. Kocok butter sampai menjadi cream, tambahkan gula dan kocok sampai putih.
3. Masukkan telor satu persatu, kocok lagi sampai mengembang.
4. Masukkan tepung yang sudah dicampur baking powder sedikit demi sedikit, selingi dengan menambahkan susu. Kocok hingga rata dengan kecepatan rendah.
5. Tambahkan lemon syrup, aduk lagi sampai rata.
6. Siapkan muffin cup. Lalu isi dengan adonan sampai ⅔ cup. Itu yang difoto, isinya cuma setengah cup. Soalnya ukuran cup kebesaran. Harusnya pake ukuran yang lebih kecil dari itu biar cup jadi penuh dan semua permukaannya tertutup irisan lemon.
7. Panggang dengan suhu 180˚C, selama 20 menit. Lalu letakkan irisan lemon pada tiap permukaan muffin dan panggang lagi selama 5 menit dengan suhu yang sama.

Ada tips nih... sebaiknya telor, butter dan susu cair (kalo sebelumnya disimpan di lemari es), sebelum dikocok didiamkan sebentar biar suhunya sama dengan suhu kamar.

(sumber : Dessert Collection)
Post a Comment