Friday, 8 January 2016

Stim Halia Siakap

Akhir Desember lalu saya dan suami sempat melawat ke Pulau Penang, Malaysia. Kami sempatkan untuk wisata kuliner juga. Kuliner di sana banyaknya berupa masakan India dan China. Tak heran di jalan-jalan yang kami lewati banyak sekali tempat makan yang menyediakan masakan tersebut. Tapi harap berhati-hati memilih tempat makan. Pilihlah yang menyediakan makanan halal. Dapat dicirikan dari pelayannya, kalau perempuan mengenakan kerudung atau hiasan di dalam tempat itu seperti kaligrafi atau ornamen seperti masjid. Untungnya kami selama di sana dipandu oleh beberapa teman dari Univ Sains Malaysia (USM) sehingga mereka memilihkan tempat makan yang halal.

Dari sekian banyak makanan yang kami cicipi, saya terkesan dengan olahan saefood, steam (stim) halia siakap. Rasanya gurih sedap. Siakap kita kenal dengan nama ikan kakap di Indonesia. Halia adalah jahe. Jadi masakan ini berupa ikan kakap dikukus dengan irisan jahe dan bumbu lainnya. Menurut saya mirip seperti masakan sup gurame. Hanya saja steam halia ini dominan rasa jahe sehingga kuahnya hangat-hangat seperti air jahe. Untuk ikannya ada beberapa pilihan seperti kerapu, bawal dan ikan laut lainnya. Berdasasrkan rekomendasi dari teman-teman yang memandu, kami memilih ikan siakap karena paling sedap dimasak seperti ini..

Bila anda berkunjung ke Penang (kota lainnya di Malaysia), masakan stim halia ini bisa dijadikan pilihan menu bila jenuh atau kurang suka dengan masakan India yang banyak rempah.
Post a Comment