Thursday, 1 May 2014

Zebra Cake

Foodie blogger lainnya sudah sejak dulu posting zebra cake tapi saya baru sekarang. Hehehe...lama banget pending-nya ya?! Padahal cake ini cukup populer dan banyak disukai orang. Tapi ada aja halangan kalo mau membuatnya. Salah satunya proses membuat motif zebra yang cukup memakan waktu. Nah, kemarin agak senggang jadi saya coba praktek membuatnya.

Resep zebra cake di bawah ini merupakan hasil modifikasi marmer cake. Sebenarnya ini termasuk butter type cake (margarine/butter dikocok bersama gula) tapi saya ingin tekstur cake yang moist dan lembut (tanpa emulsifier) sehingga kuning dan putih telurnya dikocok terpisah.

O iya, untuk yang jarang sukses membuat sponge cake bisa mencoba cara ini (butter cake tapi putih telur dikocok hingga mengembang kaku dalam wadah terpisah). Hasilnya bertekstur seperti sponge cake lho...  Ringan, tidak seperti butter cake yang padat.


Untuk zebra cake, sebagian besar resep menggunakan pasta cokelat. Adonan setelah dimasukkan terigu dibagi menjadi 2, lalu satu bagian ditambahkan dengan 1 sdm pasta cokelat. Kali ini saya memilih jalan yang agak ribet *wink* Saya menggunakan coklat bubuk. Soalnya suami saya pernah protes sewaktu membuat cake menggunakan pasta cokelat. Katanya, warnanya aja yang cokelat tapi rasanya kurang mantap. Hhah.... Demi memuaskan pelanggan setia, saya ambillah jalan yang agak ribet :D

Bahan :
4 putih telur
4 kuning telur
150 gr gula kastor
120 gr margarine / butter
75 ml susu cair
150 gr terigu ( nanti dibagi menjadi 80 gr dan  70 gr)
10 gr cokelat bubuk
1 sdt vanili
10 gr baking powder

Cara membuat :
1. Kocok putih telur dengan setengah bagian gula sampai mengembang kaku. Sisihkan.
2. Ayak terigu dengan baking powder. Bagi menjadi 2 bagian (80 gr dan 70 gr). Yang 70 gr dicampur dengan cokelat bubuk, lalu diayak lagi biar rata. Sisihkan.
3. Kocok margarine dang sisa gula sampai lembut dan tercampur rata.
4. Masukkan kuning telur dan vanili, kocok terus hingga rata lalu tambahkan susu cair. Kocok lagi sebentar, matikan mixer. Bagi menjadi 2 bagian sama banyak.
5. Campur masing-masing adonan margarin tersebut dengan terigu (polos) dan cokelat. Aduk rata dengan spatula.
6. Masukkan setengah bagian adonan putih telur ke dalam adonan polos, aduk rata dengan spatula. Lalu masukkan sisa putih telur ke dalam adonan cokelat, aduk rata kembali.
7. Siapkan loyang bulat diameter 20 cm, olesi sedikit margarin dan alasi dasarnya dengan kertas roti.
8. Tuang 1 sendok sayur adonan polos tepat di tengah loyang, lalu tuang lagi 1 sendok sayur adonan cokelat tepat di tengah loyang juga. Lakukan berselang-seling antara polos-cokelat hingga kedua adonan habis.
9. Panggang pada suhu 180 derajat C selama 40-45 menit, atau sampai matang.


Post a Comment