Sunday, 11 May 2014

Potato Buns (Roti Kentang)

Pengen roti yang empuk tanpa bread improver? Coba deh potato buns atau roti kentang ini. Awalnya saya membuat roti ini karena sedang ingin roti manis polos (tanpa isi). Trus browsing resep, jadi pengen coba roti yang adonannya memakai kentang.

Hasilnya benar-benar empuk walaupun sudah dingin, soft and fluffy. Rasanya manis-gurih, pokoknya enak deh. Selain itu juga mengenyangkan. Kalo adonannya memang agak lengket dibanding adonan roti biasa. Sehingga setiap membentuknya, tangan perlu dioles sedikit minyak atau taburan terigu.

Untuk kali ini resepnya saya modifikasi sedikit. Resep asli memakai 2 kuning telur, kalo saya memakai 2 telur utuh (biar tidak menyisakan putih telur) tapi air/susu cair saya kurangi.


Bahan :
200 gr terigu protein tinggi
100 gr terigu protein sedang
6 gr ragi / instant yeast
65 gr gula pasir
10 gr susu bubuk
100 gr kentang kukus, dihaluskan
1 sdt vanili bubuk
2 butir telur utuh
50 ml air dingin / susu cair
25 gr margarin
1/2 sdt garam halus

Olesan : susu cair

Cara membuat :
1. Campur terigu, ragi dan gula. Aduk rata dengan sendok atau whisker.
2. Tambahkan telur, susu bubuk, kentang halus, vanili dan susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
3. Masukkan margarin dan garam halus. Uleni lagi sebentar, lalu diamkan adonan di dalam wadah tertutup dan letakkan di tempat yang hangat. Biarkan mengembang, kurleb 45 menit.
4. Kempiskan adonan. Bentuk sesuai selera, lalu diamkan kembali selama 10-15 menit.
5. Olesi permukaannya dengan susu cair. Panggang pada suhu 180 derajat C selama 10 menit atau sampai matang.
6. Setelah matang, olesi lagi permukaannya dengan margarin tipis-tipis biar terkesan glossy.

Recipe source : Potato Buns by Ordinary Kitchen modified by Shinta

5 comments:

Nahla Fashion said...

keren blog nya :)
http://nahlafashion.com/

Basekosmetik said...

cara memutihkan kulit
cara memutihkan wajah
cara menghilangkan jerawat
cara menurunkan berat badan
cara mengencangkan payudara
cara memperbesar payudara
cream pemutih wajah
suntik putih
suntik pelangsing

Anonymous said...

Halo!

Apa kabar? Salam kenal dari kami myTaste Indonesia
Kami melihat bahwa Anda memiliki resep-resep yang lezat dan sangat menarik di blog Anda ini.

MyTasteIndonesia.com adalah sebuah Jejaring Sosial buat Anda yang menyukai masakan dan juga yang pemilik blog seperti Anda. Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami.

Anda dapat menambahkan blog Anda pada daftar Top Food Blog kami dengan mengikuti link ini: http://www.mytasteindonesia.com/top_food_blogs

Terima kasih atas perhatiannya.

Salam myTaste Indonesia,
Immanuel Kabuhung

n i a. m said...

klo digoreng atau dikukus aja enak gk y mb? gk ada oven :(

Shinta Octaviani said...

Haloo Nia.M
Salam kenal ya... Roti ini dikukus atau digoreng juga bisa kok. Kalo mau gurih, baiknya digoreng. Tapi ukurannya jangan terlalu besar ya. Karena kalo roti yg digoreng, sering ga matang bagian dalamnya kalo ukuran terlalu besar.
Selamat mencoba dan makasih dah mampir ya.. :)