Friday, 7 February 2014

Bolu Suri Pandan


Pertama liat cake ini di facebook-IDFB. Awalnya saya kira bika ambon karena ada pori-porinya tapi ternyata berbeda. Trus langsung deh meluncur ke blog bunda Inong untuk melihat resepnya. Makasih ya bunda... :)

Kalau bika ambon memakai tepung sagu/tapioka dan kuning telur dalam jumlah banyak. Nah bolu suri ini pakai tepung terigu, dan hemat telur. Sengaja saya modifikasi resepnya, karena ingin ada rasa dan wangi pandan. Dan agar tidak terlalu berminyak, takaran terigu saya tambah juga. Hasilnya taraaaa.... jadilah bolu suri pandan. Saya pake loyang tulban diameter 20 cm, jadi buat setengah resep aja. Dan memang butuh waktu agak lama dibanding membuat cake biasa. Tapi jangan khawatir, semua itu terbayar saat menikmatinya. Sepotong nggak akan cukup! Percaya deh, yummy...;)


Bahan :
75 gr terigu
1 sdm ragi instant
100 gr gula pasir
75 ml santan kental
4 butir telur
25 ml air pandan + daun suji
100 ml susu kental manis (SKM)
35 gr margarin dilelehkan
1/2 sdt vaili bubuk

Cara membuat :
1. Campur santan dan air pandan-suji. Panaskan sambil diaduk sampai mendidih. Lalu angkat, diamkan sampai hangat kuku.
2. Canpur terigu, ragi dan sepertiga bagian gula. Aduk rata dengan whisker atau sendok. Tambahkan santan hangat, aduk kembali hingga rata. Tutup dan diamkan 30 menit.
3. Siapkan loyang tulban, olesi dengan margarin dan beri taburan terigu. Atau kalo memakai loyang persegi/bulat, alasi dengan kertas roti. Sisihkan.
4. Dalam wadah terpisah, kocok telur, sisa gula dan vanili, cukup hingga semua gula larut. Bisa memakai whisker atau mixer.
5. Masukkan kocokan telur ke dalam adonan terigu. Aduk rata.
6. Tambahkan SKM dan margarin, aduk hingga rata dan larutan menjadi homogen. Lalu tuang ke dalam loyang.
7. Masukkan adonan ke dalam oven (tanpa dinyalakan), biarkan selama 30 menit. Lalu nyalakan oven, panggang pada suhu 170 derajat C, selama 50-60 menit. Atau hingga tidak menempel saat dilakukan tes tusuk. Angkat, biarkan dingin lalu lepaskan dari loyang.
Post a Comment