Tuesday, 18 June 2013

Kue Lumpur


Kue yang satu ini termasuk salah satu kesukaan saya dan suami. Gurih dan legitnya bikin ketagihan deh. Sebelumnya pernah posting juga yang ukuran mini dan memakai kentang. Kali ini saya buat kue lumpur tanpa kentang. Rasanya ga kalah yummy lho..!

Kalo dulu saya akalin pake cetakan takoyaki sehingga ukurannya mini,  sekarang sudah punya cetakkan yang ukuran normal. Jadi pas bikin satu resep, ga kelamaan nunggunya. Kalo kecil-kecil kan lama banget nunggu matangnya :D

Bahan :
75 gr margarin
250 ml air
150 gr terigu all purpose
125 gr gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam halus
5 butir telur ukuran sedang (kalo besar cukup 4 saja)
450 ml santan

Topping :
100 gr kismis, direndam air hangat lalu ditiriskan
100 gr kelapa muda, diseduh air hangat (saya ga pake)

Cara membuat :
1. Panaskan santan sampai mendidih, jaga jangan smpai pecah. Lalu biarkan dingin.
2. Panaskan air dan margarin sampai semua margarin meleleh. Matikan api, masukkan terigu lalu aduk cepat dengan bantuan sendok sayur atau sendok kayu.
3. Masukkan gula, vanili, garam dan telur satu per satu. Aduk rata.
4. Panaskan cetakan dengan api kecil.
5.Tuang santan ke dalam adonan sambil diaduk hingga rata dan tidak ada lagi yang berbintil (adonan menjadi licin). Bisa juga dengan cara disaring sambil diaduk-aduk dengan sendok.
6. Olesi cetakan dengan sedikit minyak, tuang adonan sampai 3/4 tinggi cetakan. Tutup. Masak hingga setengah matang. Taburi topping, tutup kembali dan biarkan hingga matang, lalu angkat.
7. Lakukan terus hingga adonan habis.

untuk 27 potong.
Note : api kompor usahakan tetap keil saja, supaya kue matang sempurna dan tidak cepat gosong. Dan cetakan sebaiknya selalu diolesi minyak saat menuang adonan baru.

Recipe source : Jajanan Pasar-Yasaboga
Post a Comment