Monday, 18 April 2011

Masak bareng : Apple Puff

Menurut sumber ini, puff pastry berasal dari Prancis. Dalam perkembangannya puff pastry terdiri dari berbagai variasi rasa. Ada yang gurih juga manis.

Udah beli korsvet dari kemarin-kemarin, akhirnya  kesampaian juga bikin pastry. Yuhuu... home made pastry dough. Bikin kulit pastry tuh ternyata cukup membakar kalori. Mengilas adonannya kan berkali-kali, yah lumayanlah jadi olahraga. Sebenarnya di supermarket ada sih yang jual kulit pastry, tapi bikin sendiri juga ga susah kok. Menurut saya, puff pastry bisa dikategorikan sebagai resep yang mudah dan anti gagal.

Setelah kulitnya jadi, sempat bingung juga mau diisi apa? Kalo plain kayak croissant gitu, sepertinya kurang diminati deh di rumah. Trus liat-liat di kulkas masih ada apel, ya udah akhirnya bikin apple puff.

Bahan kulit / pastry dough
250 gr terigu protein tinggi
25 gr margarin/butter
2 butir kuning telur
1 sdt gula halus (saya pake gula pasir, dilarutin air trus didinginkan)
1/2 sdt garam halus
75 ml air es
80 gr korsvet /pastry margarine, diiris tipis (kalo pengen crunchy pake 100 gr)

Isi :
2 buah apel ganny smith
1/2 buah jeruk lemon, ambil airnya
air untuk merendam secukupnya

Glaze : 1 butir telur dikocok lepas (saya pake putih telur aja) dan gula pasir

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kulit kecuali korsvet. Aduk dengan pastry knife atau 2 garpu besar. Aduk hingga bahan menyatu dan bisa dibentuk bulat. Tidak perlu kalis. Bungkus dengan plastik lalu simpan di kulkas selama 30 menit.
2. Buat isi. Kupas apel dalu iris setebal kurleb 1 cm. Rendam di dalam air yang dicampur air lemon. Biarkan kurleb 5-10 menit lalu tiriskan.
3. Keluarkan adonan kulit, gilas membentuk persegi panjang setebal kurleb 1 cm. Bagi persegi panjang tersebut menjadi 3 bagian dengan garis tipis.
4. Ratakan setengah bagian korsvet di tengah kulit pastry (1/3 yang di tengah). Tutup dengan 1/3 kulit bagian kiri. Ratakan sisa korsvet di atasnya lalu tutup dengan 1/3 kulit bagian kanan.
5. Gilas kembali menjadi persegi panjang setebal 1 cm. Lipat 3 kembali. Lakukan proses ini hingga 5-6 kali.
6. Tipiskan lagi kulit pastry kurleb 1 cm. Potong 10 x 10 cm dengan pisau tajam.
7. Ambil sepotong kulit, letakkan irisan apel secara diagonal. Tutup kulitnya ke tengah apel, rekatkan dengan putih telur/air (Bentuknya seperti di foto ya... ). Lakukan hingga adonan habis. Glaze degan putih telur kocok, taburi sedikit gula pasir.
8. Panaskan oven 180 C selama 15 menit. Lalu panggang pastry pada suhu yang sama selama 20 menit atau hingga berwarna coklat keemasan.

Untuk 20 potong

Notes :
  • Bentuk ga harus seperti yang di foto. Silahkan berkreasi sesuai ide masing-masing.
  • Isi bisa diganti sesuai selera, ntar judulnya tinggal disesuaikan.
  • Jangan terjebak dengan cara menggilas adonan kulit yang tampak ribet. Prakteknya mudah kok. Percaya deh.
Sumber resep & cara : modifikasi dari yang pernah diajarkan bu Nieke Sarjono (Matur nuwun bu..) dan jusrol apple-puff.
Post a Comment