Monday, August 2, 2010

Pepes Tempe

Okey.... Dapur mungil kembali hadir dengan menu olahan tempe. Karena gampang didapatkan, jadi pengen berkreasi dengan menu berbahan tempe. Kali ini dipepes. Sebenarnya sejak jaman di Tsukuba udah pengen nyobain pepes tempe. Tapi tempenya terbatas. Apalagi menu seperti ini perlu tempe yang lumayan banyak. Jadinya baru kesampaian sekarang deh.

Soal rasa, dijamin enak! Tambah lagi dibungkus pake daun pisang, aromanya..... Sedap!

Bahan :
1 papan tempe, dilumatkan
3 butir cabe merah/rawit, diiris serong
1 ikat kemangi, petiki daunnya
1 butir telur, dikocok lepas
2 sdm kecap asin/kecap ikan/saus tiram (optional)
Gula-garam secukupnya
Daun pisang/allue foil untuk membungkus

Bumbu halus :
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica
1/2 sdt ketumbar

Cara membuat :
1 Campur tempe dengan bahan-bahan lainya, termasuk bumbu halus. Aduk-aduk hingga rata.
2. Siapkan daun pisang/allue foil, beri kurleb 3 -4 sdm campuran tempe. Bungkus sesuai selera. Lakukan hingga semua adonan habis.
3. Siapkan kukusan. Kukus tempe selama kurleb 20 menit. Lalu angkat.
4. Agar aromanya lebih keluar, panggang pepes tempe hingga permukaan daun pembungkusnya kering.

4 comments:

my kitchen said...

ngilerin banget...boleh nyobain ya kalo ada tempe..
suamiku semboyan hidupnya "tiada hari tanpa tempe" hehehe...

rental mobil di surabaya said...

enak nih, dicoba dech

xamthone plus said...

hmm ternyata tempe juga bisa dijadiin pepes ya...

International Relations Tinkings said...

siip suedep dimaem dgn nasi panas..dgn kerupuk