Thursday, April 2, 2009

Kari Daging (Beef Curry)

Masih punya daging di freezer pengennya dimasak yang agak spicy. Pengen rendang tapi ga mau lama-lama di dapur. Tahu sendiri kan, masak rendang tuh mulai dari mengolah bumbu sampe masaknya ga bisa sebentar?! Kecuali pake bumbu instant, bisa cepat :D Akhirnya dimasak kari aja.

Ada macam-macam variasi kari, namun semuanya memakai banyak bumbu. Termasuk masakan yang agak ribet dan kurang saya sukai prosesnya. Tapi kalo tinggal makan sih senang aja, hehehe.... Untungnya di Tsukuba (Jepang pada umumnya) gampang banget nemuin bumbu bubuk, jadi ga terlalu repot. Tinggal cemplang-cemplung, jadi deh...

Ga cuma daging sapi yang bisa dimasak begini. Ayam dan kambing juga bisa. Tinggal menyesuaikan judulnya aja ya... Kari ini pake resep yang biasa dimasak di keluarga saya. Duluuuu pas baru-baru tinggal di Tsukuba, nyempetin telpon ibunda untuk nanyain resepnya. Ceritanya kangen masakan ibu gitu deh. Dan tentu saja, resep ini sudah disesuaikan dengan selera keluarga. Trus pelengkapnya pake sambal nanas dan acar mentah. Yummyyy dan suegerrrr....!

Bahan :
300 gr daging sapi, iris tipis atau potong dadu (sesuai selera)
750 ml santan sedang
4 sdm minyak goreng untuk menumis
Garam secukupnya
Sedikit air

Bumbu :
1/2 butir bawang bombay besar, diiris
1 batang sereh, dimemarkan
3 cm lengkuas, dimemarkan
1 bunga pekak
8 butir cengkeh
2 cm kayu manis
5 butir cabe hijau, diiris serong
2 biji asam
4 biji kapulaga, dimemarkan
2 lembar daun jeruk
1 tangkai daun kari (optional, saya ga pake)

Bumbu halus :
3 butir cabe merah (biar ga pedas kan mau pake sambal nanas)
4 siung bawang putih
3 cm jahe
1/4 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/8 sdt pala bubuk
1/4 sdt jintan bubuk / cumin powder
1/4 sdt merica bubuk (optional, saya ga pake)
2 biji kemiri (optional, kalo suka kari yang kental tapi saya ga pake)

Cara membuat :
1. Daging dicuci bersih lalu tiriskan.
2. Campur daging dengan 1/2 bagian bumbu halus, aduk rata.
3. Panaskan minyak goreng, tumis sisa bumbu halus (yang tidak dicampur daging) sampai wangi.
4. Masukkan campuran daging dan bumbu halus, bawang bombay serta semua bumbu lainnya kecuali asam. Aduk-aduk, beri sedikit air lalu masak hingga daging berubah warna. Api kompornya kecil aja ya...
5. Masukkan santan, asam dan garam. Biakan hingga mendidih dan daging menjadi empuk.
6. Sajikan dengan pelengkap sambal nanas dan acar mentah.

Note : buat yang doyan lebih pedas, cabe merahnya silahkan ditambah.

2 comments:

umi rina said...

Hmmmm, kari daging atau yanglainnya, nggak akan nolak dech kalo dikirimin... :)

pasang iklan gratis tanpa daftar said...

terima kasih buat resepnya ibu
salam kenal