Wednesday, 2 November 2011

Peanut Butter Muffin

Karena masih punya peanut butter (selai kacang), akhirnya cari-cari resep dan nyantol sama yang ini. Dengan rating bintang empat. Nyari yang bintang lima ternyata susah ya?! So far, soal rasa pas buat saya karena tidak terlalu manis. Kalo suka manis gulanya silahkan ditambah.

Trus cara membuatnya saya terjemahkan secara bebas, sesuai cara kerja yang saya bayangkan sendiri. Hehehe...

Bahan :
250 gr terigu
100 gr gula kastor (bisa juga gula pasir yang diblender)
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
130 gr peanut butter
45 gr butter / margarin
2 butir telur
230 ml susu cair
50 gr chocolate chip (optional)



Cara membuat :
1. Campur terigu dan baking powder, ayak lalu sisihkan.
2. Kocok telur dan gula sampai kental, masukkan susu cair lalu sisihkan.
3. Kocok margarin dan peanut butter sampai tercampur rata. Lalu campurkan dengan kocokan telur, kocok sebentar hingga tercampur rata.
4. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula. Lalu tambahkan chocolate chip, aduk rata.
5. Siapkan loyang muffin, alasi dengan paper cup.
6. Tuang adonan ke dalam loyang hingga 7/8 tinggi paper cup. Panggang pada suhu 180 C selama 20 - 25 menit (sesuaikan dengan oven masing-masing ya...).

6 comments:

Christine said...

Wah muffinnya mbak shinta lebih menarik dari muffin yg di original resepnya.. yang di allrecipe.com itu nggak mekar jadinya..

Shinta said...

Kok bisa ga mekar Chris?! Aku juga pake resep di allrecipe.com lho! Ngisi cup-nya kurang banyak kali ya?? aku isinya sampe 7/8 cup, makanya adonan naik dan mekar :D
Coba lagi yuuk Chris... !

Christine said...

Kemaren baru saya coba, Mbak.. ga mekar sampe pecah kyk Mbak punya.. mungkin saya salah ngocoknya. betul pake mixer kan? ato pake whisk aja ya?

Shinta said...

Aku ngocoknya pake mixer, Chris. Hmm...dimana ya salahnya?? Ikutan bingung nih :D

Christine said...

Haha nggak tau mbak.. tiap kali bikin muffin selalu gagal. sampe gemes deh haha... bikin bolu kukus jg gt, banyak ga jadinya. :D

Shinta said...

Kalo bolu kukus sama,aku jg belum pernah sukses Chris :D Dah beberapa kali coba,ga jadi melulu. Kayaknya ga jodoh ama bolu kukus nih.Hahaha...