Tuesday, 28 September 2010

Oseng Kikil

Rasanya lamaaa banget ga update masakan di dapur ini. Soalnya akhir-akhir ini memang jarang masak, lebih sering beli :D Sering tergoda sama aneka menu yang ditawarkan warung. Mulai sekarang masak-masak lagi deh, walaupun sesekali masih beli. Yaah, buat variasi boleh dong ;)

Oseng kikil ini salah satu menu harian dapur mungil. Bikinnya gampang kok.... Mau lebih pedas, banyakin irisan cabenya. Mau agak manis tinggal banyakin kecap. Campurannya saya pake tempe dan tahu, kalo mau diganti kapri, jagung putren juga bisa lho?! Sesuaikan dengan selera aja ya.

Bahan :
1 bks kikil yg sudah direbus (kurleb 150-200 gr), diiris
3 potong tahu putih, potong dadu
1/4 papan tempe, potong dadu
3 cm lengkuas, dimemarkan
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
3 sdm kecap manis
2 sdm air asam
1/4 sdt merica halus
2 sdm minyak untuk menumis
Gula dan garam secukupnya
1/2-1 gelas air

Bumbu (diiris) :
4 siung bawang merah (bisa diganti bawang bombay)
3 siung bawang putih
4 butir cabe merah besar
4 butir cabe hijau besar

Cara membuat :
1. Tumis bawang dan cabe hingga wangi, masukkan merica, lengkuas, daun-daun dan tambahkan air. Biarkan hingga mendidih.
2. Masukkan irisan kikil, tahu dan tempe. Aduk sebentar.
3. Tambahkan kecap, air asam, gula dan garam. Aduk rata dan biarkan hingga bumbu meresap.
4. Angkat lalu sajikan dengan lalapan.
Post a Comment