Friday, 12 February 2010

Ayam Goreng Tepung

Walaupun tepung bumbu instant buat ayam goreng udah banyak jualnya, tapi ga ada salahnya kan kalo meracik bumbu sendiri?! Sekilas kelihatannya tidak praktis tapi kalo sudah mencoba, yakinlah tidak akan serumit yang dibayangkan. Saya sudah membuktikannya lho....

Kelebihan meracik bumbu sendiri itu, kita tahu kualitas bahan yang digunakan. Ga perlu pakai bahan pengawet karena kita bikin bumbu untuk langsung digunakan. Jadi lebih sehat,kan?!

Untuk resep ini, saya pakai ayam boneless. Jadi irisannya jangan terlalu tebal agar bumbunya meresap dan matang hingga bagian dalam saat digoreng. Pake ayam bertulang juga bisa kok dan biasanya lebih gurih. Tapi kalo bagian yang tebal (seperti paha) perlu diberi guratan agar matang sampe dalam-dalamnya.

Bahan :
500 gr ayam boneless, buang kulit dan lemaknya
1/2 buah lemon/jeruk nipis, ambil airnya
2 siung bawang putih, dihaluskan
1/2 sdt merica halus
1 sdt garam
Minyak goreng secukupnya

Tepung bumbu, semua bahan diaduk rata :
100 gr terigu all purpose
1 sdm tepung tapioka / katakuriko
1/2 sdt baking soda/soda kue, biar tepungnya crispy
1/4 sdt merica halus
1,5 sdt garam halus
1/4 sdt gula halus atau gula biasa (bisa diganti kaldu ayam bubuk, tp saya pake gula aja)

Bahan pencelup : 2 putih telur dikocok lepas

Cara membuat :
1. Potong ayam dengan ketebalan kurleb 1/2 - 1 ruas jari. Cuci bersih lalu beri air jeruk, aduk-aduk kemudian diamkan 5-10 menit supaya amisnya berkurang. Tiriskan.
2. Campur dan aduk ayam dengan bawang putih halus, merica dan garam. Diamkan sekurangnya 30 menit. Kalo mau didiamkan lebih lama, sebaiknya disimpan dikulkas.
3. Ambil satu potong ayam, balur dengan tepung bumbu, celupkan ke dalam kocokan putih telur, balur lagi dengan tepung bumbu. Jadi pake tepungnya 2x ya... Lakukan untuk semua potongan ayam.
4. Panaskan minyak, goreng ayam hingga kuning kecoklatan. Jangan lupa dibalik agar semua sisi matang.
5. Sajikan hangat dengan cocolan sambal dan lalapan.
Post a Comment