Friday, 27 February 2015

Kimchi

Kalo anda penggemar hal-hal yang berbau Korea, pasti tahu kimchi. Sudah pernah mencicipi belum?

Kimchi (김치) adalah makanan tradisional Korea yang dibuat dengan proses fermentasi. Bahan utamanya sayuran yang diberi aneka bumbu. Yang paling umum dijumpai, kimchi dari sawi putih. Rasanya, seperti asinan sayuran yang dominan rasa asam, pedas serta aroma bawang.

Kalau ke resto atau warung masakan Korea, kimchi selalu jadi default side dish (반찬 : banchan) yang disajikan dalam piring kecil. Sering kali, kimchi disajikan sebelum sajian utama datang. Selain kimchi, biasanya ada aneka tumis sayuran dan danmuji (asinan lobak, yang warna kuning pada foto) yang juga disajikan sebagai side dish.

Orang Korea selalu menyediakan kimchi di rumah. Baik itu homemade ataupun beli dari supermarket. Bahkan menurut salah seorang teman, orang Korea itu tidak bisa lepas dari kimchi walau dimanapun berada. Sehingga saat mereka harus menetap di luar negeri, tetap membawa atau mencari kimchi.

Selain itu kimchi juga bisa diolah lagi menjadi beberapa masakan. Seperti Kimchi_jjigae, kimchi pancake (kimchijeon) dan nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap). Sehingga wajarlah jika orang Korea selalu sedia kimchi.
Post a Comment