Wednesday, 18 July 2007

Chicken Ball


Ga ada daging sapi, daging ayam pun jadi. Buat yang dilarang mengkonsumsi daging merah dan hasil olahannya seperti bakso sapi, bakso ayam bisa jadi penggantinya. Soal rasa, juga ga kalah enak kok. Selain disajikan sebagai bakso kuah plus mie dan sayur juga bisa digunakan untuk sajian lainnya. Kalo dah jadi bakso bulat, serba guna deh....

Bahan :
400 gr fillet ayam, dipotong-potong
1 butir telur
2 siung bawang putih, dihaluskan
1 sdt merica bubuk
3-5 sdm tepung kanji (saya pake katakuriko)
1 sdm minyak wijen
Garam secukupnya.

Cara membuat :
1. Masukkan potongan ayam, bawang putih halus, merica dan garam ke dalam food processor (atau alat lain yang bisa menggiling/menghaluskan dan mencampur rata semua bahan tersebut). Lakukan sampai daging ayam benar-benar halus.
2. Masih di dalam food processor, tambahkan telur, minyak wijen dan masukkan tepung kanji 3 sdm dulu. Proses kembali agar tercampur rata. Bila adonan masih terlalu lembek, tambahkan sedikit tepung kanji lalu ratakan kembali.
3. Didihkan air dalam panci, buat satu bakso bulat (ukuran sesuai selera) dulu kemudian cemplungkan ke dalam air mendidih tersebut. Biarkan hingga terapung, angkat lalu cicip. Sudahkah sesuai dengan selera? Kalo sudah cocok lanjutkan kembali membuat bulatan, cemplung, tunggu mengapung lalu angkat.
4. Lakukan sampai semua adonan habis.
Post a Comment